• Posted by : Unknown Selasa, 15 Agustus 2017

    KATA PENGANTAR

    Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah–Nya, sehingga memberikan kekuatan dan menumbuhkan motivasi penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Kemudian penulis mengirimkan salam dan salawat kepada Muhammad SAW yang telah mengubah pandangan masyarakat dalam menjejaki jalan kehidupan yang lebih baik sehingga tercipta pola pikir dan tingkah laku yang bersahaja.
    Akhirnya, penyusun menghaturkan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyusun makalah ini. Penulis juga mengakui bahwa penyusunan makalah ini sebenarnya masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan untuk memaksimalkan pembuatan makalah berikutnya.



    Makassar,  Desember 2015
      

                               Penyusun


    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR ................................................................................. i
    DAFTAR ISI   ............................................................................................... ii
    BAB I PENDAHULUAN............................................................................. 1       
    1.1  Latar Belakang                                                                                      1
    1.2  Rumusan Masalah................................................................................ 1       
    1.3  Tujuan Penulisan.................................................................................. 2       
    BAB II PEMBAHASAN                                                             ................. 3
    2.1  Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)................................... 3       
    2.2  Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ............................... 4       
    2.3  Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)............ 6       
    2.3.1   Kelebihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).............................. 6       
    2.3.2   Kekurangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).......................... 6       
    BAB III PENUTUP ..................................................................................... 7
    DAFTAR PUSTAKA  ................................................................................. 8

    BAB I
    PENDAHULUAN
    1.1  Latar Belakang
    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, berkembang sebagai suatu penelitian terapan.
    PTK sangat bermanfaat bagi tenaga pendidik (guru dan dosen) untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas atau di ruang kuliah. Dengan melaksanakan tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guru dan dosen dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan  secara kreatif.
    Masalah proses pembelajaran di kelas atau di ruang kuliah dapat dicari solusi atau jalan keluar melalui Penelitian Tindakan Kelas sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran di kelas kreatif, inovatif dan hasil belajar dapat diwujudkan secara ilmiah yaitu, rasional, sistematis dan empiris.
    Agar Penelitian Tindakan Kelas dapat dilaksanakan dengan baik, tentu saja kita perlu menyamakan persepsi apa saja karakteristik, prinsip-prinsip serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki PTK karena penelitian tindakan kelas ini memiliki karakteristik yang relative agak berbeda jika dibandingkan dengan jenis penelitian yang lain, misalnya penelitian eksperimen, survey, analisis isi dan sebagainya.

    1.2  Rumusan Masalah
    Adapun permasalahan yang melatarbelakangi pembuatan masalah ini adalah sebagai berikut:
    1.      Apa saja karakteristik yang dimiliki Penelitian Tindakan Kelas (PTK)?
    2.      Apa saja prinsip-prinsip yang dimiliki Penelitian Tindakan Kelas (PTK)?
    3.      Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Penelitian Tindakan Kelas (PTK)?

    1.3  Tujuan
    Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah:
    1.      Mengetahui karakteristik dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
    2.      Mengetahui prinsip-prinsip yang dimiliki Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
    3.      Mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Penelitian Tindakan Kelas (PTK).


    BAB II
    PEMBAHASAN
    2.1  Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
    Sebagai paradigma sebuah penelitian tersendiri, jenis penelitian tindakan kelas (PTK) memiliki karakteristik yang relative agak berbeda jika dibandingkan dengan jenis penelitian yang lain, misalnya penelitian eksperimen, survey, analisis isi dan sebagainya. Adapun karakteristik PTK sebagai berikut :
    1.       On-the job problem oriented (masalah yang diteliti adalah masalah real atau nyata dari dunia kerja peneliti atau yang ada dalam kewenangan atau tanggung jawab peneliti).
    2.      Problem solving oriented (berorientasi pada pemecahan masalah).
    3.      Improvemen oriented (berorioentasi pada peningkatan mutu). PTK dilaksanakan dalam rangka untuk memperbaiki mutu  atau meningkatkan mutu proses pembelajaran.
    4.       Ciclic (siklus). Konsep tindakan (action) dalam PTK diterapkan melalui urutan yang terdiri dari beberapa tahap berdaur ulang (cyclical). Siklus dalam PTK terdiri dari empat tahapan, yakni Perencanaan tindakan, Melakukan tindakan, Pengematan atau observasi dan Analisis atau Refleksi.
    5.      Action oriented. Dalam PTK selalu didasarkan pada adanya tindakan  (treatmen) tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas.
    6.      Pengkajian terhadap dampak tindakan. Dampak tindakan yang dilakukan harus dikaji apakah sesuai dengan tujuan, apakah memberikan dampak positif lain yang tidak diduga sebelumya, atau bahkan menimbulkan dampak negative yang merugikan peserta didik.
    7.      Specificscontextual. Aktifitas PTK dipicu oleh permasalahan praktis yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas.
    8.      Partisipatory (colaborative). PTK dilaksanakan secara kolaboratif dan bermitra dengan pihak laih seperti teman sejawat.
    9.      Masalah yang dikaji dalam PTK adalah masalah yang bersifat praktis. PTK berangkat dari keresahan yang dialami guru dalam pengelolaan proses pembelajaran. Oleh karena itu, dari mulai proses perencanaan, pelaksanaan tindakan sampai pada proses penyimpulan guru merupakan pemeran utama. Karena alasan yang demikian PTK juga sering dinamakan penelitian, artinya penelitian yang berangkat dari hal-hal nyata yang dirasakan oleh setiap guru.
    10.  Focus utama penelitian adalah pembelajaran.
    11.  Tanggung jawab pelaksanaan dan hasil PTK ada pada guru sebagai praktisi.
    12.  PTK dilaksanakan sesuai dengan program pembelajaran yang sedang berjalan, artinya pelaksanaan PTK tidak diatur secara khusus untuk kepentingan penelitian semata.
    13.  PTK selalu berangkat dari kesadaran kritis guru terhadap persoalan yang terjadi ketika praktik dan proses pembelajaran berlangsung, dan guru menyadari pentingnya untuk mencari pemecahan masalah melalui suatu tindakan atau aksi yang direncanakan dan dilakukan secermat mungkin dengan cara-cara ilmiah dan sistematis.

    2.2  Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
    Prinsip-Prinsip Penilaian Tindakan Kelas “Prinsip adalah suatu pegangan. Dan salah satu fungsi pegangan adalah untuk pedoman”. (Suyadi, 2012:29) Dalam melakukan suatu penelitian terutama dalam penelitian tindakan kelas (PTK) seorang peneliti memerlukan sebuah informasi yang benar kejelasannya, tidak boleh bersifat dugaan atau bahkan menduga-duga tapi seorang peneliti harus terjun langsung kelapangan untuk meneliti suatu masalah yang dialami oleh sekolah atau lembaga tertentu untuk mengetahui masalah atau kendala apa yang sedang mereka hadapi kemudian kita mencarikan solusi yang tepat dari masalah yang dialaminya. Selain dari pada ini peneliti juga harus memahami dan menerapkan apa yang dilakukan dapat berhasil dengan baik dengan memperhatikan sejumlah prinsip-prinsip atau pedoman yang harus dipenuhi. 
    Secara umum prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK)tersebut adalah:
    1.      Tidak mengganggu komitmen guru sebagai pengajar;
    2.      Metode pengumpulan data tidak menuntut waktu yang berlebihan;
    3.      Metodologi yang digunakan harus reliable sehingga memungkinkan guru mengidentifikasi serta merumuskan hipotesis secara meyakinkan;
    4.      Masalah berawal dari kondisi nyata di kelas yang dihadapi guru;
    5.      Dalam penyelenggaraan penelitian, guru harus memperhatikan etika profesionalitas guru;
    6.      Meskipun yang dilakukan adalah di kelas, tetapi harus dilihat dalam konteks sekolah secara menyeluruh;
    7.      Tidak mengenal populasi dan sampel;
    8.      Tidak mengenal kelompok eksperimen dan control;
    9.      Tidak untuk digeneralisasikan.
    Ada beberapa prinsip dasar yang melandasi PTK. Menurut Hopkins (1993) prinsip yang dimaksud antara lain: 
    1.               Tugas pendidik dan tenaga kependidikan yang utama adalah menyelenggrakan pembelajaran yang baik dan berkualitas.
    2.               Meneliti merupakan bagian integral dari pembelajaran yang tidak menuntut kekhususan waktu maupun metode pengumpulan data.
    3.               Kegiatan peneliti yang merupakan bagian integral dari pembelajaran harus diselenggarakan dengan tetap bersandar pada alur dan kaidah ilmiah.
    4.               Masalah yang ditangani adalah masalah-masalah pembelajaran yang riil merisaukan tanggung jawab professional dan komitmen terhadap diagnosis maslah bersandar pada kejadian nyata yang berlangsung dalam konteks pembelajaran yang sesungguhnya.
    5.               Konsistensi sikap dan kepedulian dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajarn sangat diperlukan.
    6.               Cakupan permaslahan penelitian tindakan tidak seharusnya dibatasi pada maslah pembelajaran di kelas, tetapi dapat diperluas pada tataran di luar kelas.
    2.3  Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
    Peneltian tindakan kelas atau disingkat PTK memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan PTK ini sebaiknya dipahami oleh guru dan mahasiswa pendidikan (peneliti) agar hasil penelitiannya bisa tepat sasaran dan berjalan dengan optimal. Berikut pembahasan kami tentang kelebihan dan kekurangan dari penelitian tindakan kelas.
    2.3.1        Kelebihan Penelitian Tindakan Kelas
    1.      Praktis dan langsung relevan untuk situasi yang aktual.
    2.      Kerangka kerjanya teratur.
    3.      Berdasarkan pada observasi nyata dan objektif.
    4.      Fleksibel dan adaptif.
    5.      Dapat digunakan untuk inovasi pembelajaran.
    6.      Dapat digunakan untuk mengembangkan kurikulum tingkat kelas.
    7.      Dapat digunakan meningkatkan kepekaan atau profesionalisme guru.
    2.3.2        Kekurangan Penelitian Tindakan Kelas
    1.      Validitasnya masih sering disangsikan.
    2.      Tidak dimungkinkan melakukan generalisasi karena sampel sangat terbatas.
    3.      Peran guru yang ‘one man show’ bertindak sebagai pengajar dan sekaligus peneliti sering membuat dirinya menjadi sangat repot.

    BAB III
    PENUTUP

    Simpulan
    Dari pembahasan di atas dapat diperoleh simpulan bahwa hal-hal yang harus diperhatikan dalam Penelitian Tindakan Kelas, antara lain:
    Penelitian tindakan kelas (PTK) memiliki karakteristik yang relative agak berbeda jika dibandingkan dengan jenis penelitian yang lain. Secara umum Penelitian Tindakan Kelas memiliki beberapa prinsip salah satunya adalah Tidak mengganggu komitmen guru sebagai pengajar. Di samping itu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang telas di paparkan dalam makalah. 

    DAFTAR PUSTAKA

    Zulfaidah, Indriana. 2013. Prinsip Penelitian Tindakan Kelas. http://zulfaidah-indriana.blogspot.co.id. Diunduh pada 11 Desember 2015, 21.01 WITA.

    Am, Di. 2014. Makalah Karakteristik dan Prosedur PTK. http://di-am.blogspot.co.id. Diunduh pada 11 Desember 2015, 21.07 WITA.


    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Hinamori

    Hinamori - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan