- Home>
- Pendidikan >
- MAKALAH: KARAKTERISTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Posted by : Unknown
Selasa, 15 Agustus 2017
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah–Nya, sehingga memberikan kekuatan dan menumbuhkan motivasi penulis
dalam menyelesaikan makalah ini. Kemudian penulis mengirimkan salam dan salawat
kepada Muhammad SAW yang telah mengubah pandangan masyarakat dalam menjejaki
jalan kehidupan yang lebih baik sehingga tercipta pola pikir dan tingkah laku
yang bersahaja.
Akhirnya,
penyusun menghaturkan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung
penyusun makalah ini. Penulis juga mengakui bahwa penyusunan makalah ini
sebenarnya masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kritik dan saran dari
pembaca sangat diharapkan untuk memaksimalkan pembuatan makalah berikutnya.
Makassar, Desember 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................. i
DAFTAR ISI ............................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................. 1
1.1 Latar
Belakang 1
1.2 Rumusan
Masalah................................................................................ 1
1.3 Tujuan
Penulisan.................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN ................. 3
2.1 Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)................................... 3
2.2 Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ............................... 4
2.3 Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)............ 6
2.3.1 Kelebihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).............................. 6
2.3.2 Kekurangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).......................... 6
BAB III PENUTUP ..................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................. 8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bidang
pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, berkembang sebagai suatu penelitian
terapan.
PTK sangat bermanfaat bagi tenaga pendidik
(guru dan dosen) untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses dan hasil
pembelajaran di kelas atau di ruang kuliah. Dengan melaksanakan tahapan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guru dan dosen dapat menemukan solusi dari
masalah yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan
berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif.
Masalah proses pembelajaran di kelas atau di
ruang kuliah dapat dicari solusi atau jalan keluar melalui Penelitian Tindakan
Kelas sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan dan
pembelajaran, sehingga proses pembelajaran di kelas kreatif, inovatif dan hasil
belajar dapat diwujudkan secara ilmiah yaitu, rasional, sistematis dan empiris.
Agar Penelitian Tindakan Kelas dapat
dilaksanakan dengan baik, tentu saja kita perlu menyamakan persepsi apa saja
karakteristik,
prinsip-prinsip serta kelebihan dan kekurangan yang
dimiliki PTK karena penelitian tindakan kelas ini memiliki karakteristik yang
relative agak berbeda jika dibandingkan dengan jenis penelitian yang lain,
misalnya penelitian eksperimen, survey, analisis isi dan sebagainya.
1.2 Rumusan
Masalah
Adapun permasalahan yang
melatarbelakangi pembuatan masalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Apa saja karakteristik yang dimiliki Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)?
2.
Apa saja prinsip-prinsip yang dimiliki Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)?
3. Apa
saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan
makalah ini adalah:
1. Mengetahui karakteristik dari Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).
2. Mengetahui
prinsip-prinsip yang dimiliki Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).
3. Mengetahui
kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Karakteristik
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Sebagai
paradigma sebuah penelitian tersendiri, jenis penelitian tindakan kelas (PTK)
memiliki karakteristik yang relative agak berbeda jika dibandingkan dengan
jenis penelitian yang lain, misalnya penelitian eksperimen, survey, analisis
isi dan sebagainya. Adapun karakteristik PTK sebagai berikut :
1. On-the job problem oriented (masalah
yang diteliti adalah masalah real atau nyata dari dunia kerja peneliti atau
yang ada dalam kewenangan atau tanggung jawab peneliti).
2. Problem
solving oriented (berorientasi pada pemecahan
masalah).
3. Improvemen
oriented (berorioentasi pada peningkatan
mutu). PTK dilaksanakan dalam rangka untuk memperbaiki mutu atau
meningkatkan mutu proses pembelajaran.
4. Ciclic (siklus). Konsep tindakan (action) dalam PTK diterapkan
melalui urutan yang terdiri dari beberapa tahap berdaur ulang (cyclical). Siklus dalam PTK terdiri dari
empat tahapan, yakni Perencanaan tindakan, Melakukan tindakan, Pengematan atau
observasi dan Analisis atau Refleksi.
5. Action
oriented. Dalam PTK selalu didasarkan
pada adanya tindakan (treatmen) tertentu untuk memperbaiki proses
pembelajaran di kelas.
6. Pengkajian
terhadap dampak tindakan. Dampak tindakan yang dilakukan harus dikaji apakah
sesuai dengan tujuan, apakah memberikan dampak positif lain yang tidak diduga
sebelumya, atau bahkan menimbulkan dampak negative yang merugikan peserta
didik.
7. Specificscontextual.
Aktifitas PTK dipicu oleh permasalahan praktis yang dihadapi oleh guru dalam
proses pembelajaran di kelas.
8. Partisipatory
(colaborative). PTK
dilaksanakan secara kolaboratif dan bermitra dengan pihak laih seperti teman
sejawat.
9. Masalah
yang dikaji dalam PTK adalah masalah yang bersifat praktis. PTK berangkat dari
keresahan yang dialami guru dalam pengelolaan proses pembelajaran. Oleh karena
itu, dari mulai proses perencanaan, pelaksanaan tindakan sampai pada proses
penyimpulan guru merupakan pemeran utama. Karena alasan yang demikian PTK juga
sering dinamakan penelitian, artinya penelitian yang berangkat dari hal-hal
nyata yang dirasakan oleh setiap guru.
10. Focus
utama penelitian adalah pembelajaran.
11. Tanggung
jawab pelaksanaan dan hasil PTK ada pada guru sebagai praktisi.
12. PTK
dilaksanakan sesuai dengan program pembelajaran yang sedang berjalan, artinya
pelaksanaan PTK tidak diatur secara khusus untuk kepentingan penelitian semata.
13. PTK
selalu berangkat dari kesadaran kritis guru terhadap persoalan yang terjadi
ketika praktik dan proses pembelajaran berlangsung, dan guru menyadari
pentingnya untuk mencari pemecahan masalah melalui suatu tindakan atau aksi
yang direncanakan dan dilakukan secermat mungkin dengan cara-cara ilmiah dan
sistematis.
2.2 Prinsip-prinsip
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Prinsip-Prinsip Penilaian Tindakan Kelas
“Prinsip adalah suatu pegangan. Dan salah satu fungsi pegangan adalah untuk
pedoman”. (Suyadi, 2012:29) Dalam melakukan suatu penelitian terutama dalam
penelitian tindakan kelas (PTK) seorang peneliti memerlukan sebuah informasi
yang benar kejelasannya, tidak boleh bersifat dugaan atau bahkan menduga-duga
tapi seorang peneliti harus terjun langsung kelapangan untuk meneliti suatu
masalah yang dialami oleh sekolah atau lembaga tertentu untuk mengetahui
masalah atau kendala apa yang sedang mereka hadapi kemudian kita mencarikan
solusi yang tepat dari masalah yang dialaminya. Selain dari pada ini peneliti
juga harus memahami dan menerapkan apa yang
dilakukan dapat berhasil dengan baik dengan memperhatikan sejumlah
prinsip-prinsip atau pedoman yang harus dipenuhi.
Secara umum
prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK)tersebut adalah:
1.
Tidak mengganggu komitmen guru sebagai
pengajar;
2.
Metode pengumpulan data tidak menuntut
waktu yang berlebihan;
3.
Metodologi yang digunakan harus reliable
sehingga memungkinkan guru mengidentifikasi serta merumuskan hipotesis secara
meyakinkan;
4.
Masalah berawal dari kondisi nyata di
kelas yang dihadapi guru;
5.
Dalam penyelenggaraan penelitian, guru
harus memperhatikan etika profesionalitas guru;
6.
Meskipun yang dilakukan adalah di kelas,
tetapi harus dilihat dalam konteks sekolah secara menyeluruh;
7.
Tidak mengenal populasi dan sampel;
8.
Tidak mengenal kelompok eksperimen dan
control;
9.
Tidak untuk digeneralisasikan.
Ada beberapa
prinsip dasar yang melandasi PTK. Menurut Hopkins (1993) prinsip yang dimaksud
antara lain:
1.
Tugas pendidik dan tenaga kependidikan
yang utama adalah menyelenggrakan pembelajaran yang baik dan berkualitas.
2.
Meneliti merupakan bagian integral dari
pembelajaran yang tidak menuntut kekhususan waktu maupun metode pengumpulan
data.
3.
Kegiatan peneliti yang merupakan bagian
integral dari pembelajaran harus diselenggarakan dengan tetap bersandar pada
alur dan kaidah ilmiah.
4.
Masalah yang ditangani adalah
masalah-masalah pembelajaran yang riil merisaukan tanggung jawab professional
dan komitmen terhadap diagnosis maslah bersandar pada kejadian nyata yang
berlangsung dalam konteks pembelajaran yang sesungguhnya.
5.
Konsistensi sikap dan kepedulian dalam
memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajarn sangat diperlukan.
6.
Cakupan permaslahan penelitian tindakan
tidak seharusnya dibatasi pada maslah pembelajaran di kelas, tetapi dapat
diperluas pada tataran di luar kelas.
2.3 Kelebihan
dan Kekurangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Peneltian tindakan
kelas atau disingkat PTK memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan
kekurangan PTK ini sebaiknya dipahami oleh guru dan mahasiswa pendidikan
(peneliti) agar hasil penelitiannya bisa tepat sasaran dan berjalan dengan
optimal. Berikut pembahasan kami tentang kelebihan dan kekurangan dari
penelitian tindakan kelas.
2.3.1
Kelebihan Penelitian Tindakan Kelas
1.
Praktis dan langsung
relevan untuk situasi yang aktual.
2.
Kerangka kerjanya
teratur.
3.
Berdasarkan pada
observasi nyata dan objektif.
4.
Fleksibel dan
adaptif.
5.
Dapat digunakan untuk
inovasi pembelajaran.
6.
Dapat digunakan untuk
mengembangkan kurikulum tingkat kelas.
7.
Dapat digunakan
meningkatkan kepekaan atau profesionalisme guru.
2.3.2
Kekurangan Penelitian Tindakan
Kelas
1.
Validitasnya masih
sering disangsikan.
2.
Tidak dimungkinkan
melakukan generalisasi karena sampel sangat terbatas.
3.
Peran guru yang ‘one
man show’ bertindak sebagai pengajar dan sekaligus peneliti sering membuat
dirinya menjadi sangat repot.
BAB
III
PENUTUP
Simpulan
Dari pembahasan di atas dapat diperoleh simpulan bahwa
hal-hal yang harus diperhatikan dalam Penelitian Tindakan
Kelas, antara lain:
Penelitian
tindakan kelas (PTK) memiliki karakteristik yang relative agak berbeda jika
dibandingkan dengan jenis penelitian yang lain. Secara umum Penelitian Tindakan
Kelas memiliki beberapa prinsip salah satunya adalah Tidak
mengganggu komitmen guru sebagai pengajar. Di samping itu Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang telas di
paparkan dalam makalah.
DAFTAR PUSTAKA
Zulfaidah,
Indriana. 2013. Prinsip Penelitian Tindakan Kelas. http://zulfaidah-indriana.blogspot.co.id.
Diunduh pada 11 Desember 2015, 21.01 WITA.
Am, Di.
2014. Makalah Karakteristik dan Prosedur PTK. http://di-am.blogspot.co.id. Diunduh pada 11 Desember 2015, 21.07 WITA.